Profile

PENDAHULUAN

 

1. Latar Belakang Madrasah Aliyah Bidayatul Hidayah Beridiri

Berdirinya  Madrasah Aliyah Bidayatul Hidayah merupakan program jangka panjang pendirian lembaga pendidikan formal oleh Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah yang sudah berdiri sejak tahun 1960. Lembaga Pendidikan Formal pertama yang didirikan oleh  Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah adalah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah, sekitar tahun 1965. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah merupakan pendidikan dasar yang memuat kurikulum khas pesantren lebih besar daripada kurikulum umum. Pada tahun 1965 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah sangat diminati masyarakat, sampai membuka cabang di desa-desa sekitar. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah ini masih tetap eksis sampai dengan tahun pelajaran 2008-2009 ini.

Setelah berhasil mendidirikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah, Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah merespon keinginan dan harapan masyarakat atas berdirinya madrasah yang lebih tinggi tingkatnya, berdirilah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah ini merupakan lembaga pendidikan formal tingkat wustho (menengah pertama). Kurikulum yang dicanangkan terdiri atas kurikulm Pesantren dan kurikulum Pemerintah, namun kurikulum pesantren lebih mendominasi. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah inipun semakin hari menjadi lirikan masyarakat untuk menanamkan akhlaqul karimah kepada putra-putri mereka, baik  masyarakat menengah ke bawah maupun masyarakat menengah ke atas. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Salafiyah inipun masih konsisten keberadaannya sampai dengan terbitnya tulisan ini.

Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah memang siap memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mewujudkan impiannya. Setelah melahirkan dan mengelola dua madrasah tingkat dasar dan menengah pertama, masyarakat masih menginginkan putra-putrinya menyantri lebih lama, namun masih tetap memperhatikan program pemerintah. Usulan wali santri atas lahirnya madrasah tingkat atas, direspon dengan baik. Pada tahun 1999 terbitlah SK Pendirian MA Bidayatul Hidayah dari Departemen agama Wilayah Propinsi Jawa Timur, namun tahun ini belum bisa menerima murid karena gedung yang belum siap. MA Bidayatul Hidayah dalam waktu sementara membuka satu progran studi Ilmu Pengetahuan Sosial yang bergabung dengan KKM MAN Sooko Mojokerto. Mulai tahun 2000 MA Bidayatul Hidayah sudah menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar.

 

2. Visi dan Misi  serta Tujuan Madrasah Aliyah Bidayatul Hidayah

 

*   Visi

UPRES BERIMTAQ (Unggul Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa)

Indikator-Indikatornya adalah:

  1. Unggul dalam pembinaan ke-Islaman.
  2. Unggul dalam peningkatan prestasi UNAS
  3. Unggul dalam prestasi Bahasa Arab
  4. Unggul dalam prestasi Bahasa Inggris.
  5. Unggul dalam prestasi kesenian.
  6. Memiliki lingkungan Madrasah yang nyaman dan kondusif untuk belajar.
  7. Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

 

  • Misi
  1. Menumbuhkembangkan sikap dan amaliah ke-Islaman
  2. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki
  3. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga Madrasah baik dalam prestasi akademik maupun non akademik
  4. Menciptakan lingkungan Madrasah yang sehat, bersih dan indah
  5. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat dikembangkan secara lebih optimal.
  6. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga Madrasah dan Komite Madrasah.

    

*   Tujuan MA

  1. Pada tahun  2008 terjadi peningkatan kualitas sikap dan amaliah keagamaan Islam warga Madrasah dari pada sebelumnya.
  2. Pada tahun 2008 terjadi peningkatan kepedulian warga Madrasah terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan Madrasah dari pada sebelumnya.
  3. Pada tahun 2008, terjadi peningkatan kualitas dan kuantitas sarana/ prasarana dan fasilitas yang mendukung peningkatan prestasi akademik dan non akademik.
  4. Pada tahun 2009, terjadi peningkatan skor UNAS minimal rata-rata +1,5 dari standar yang ada.
  5. Pada tahun 2009, para siswa yang memiliki minat, bakat dan kemampuan terhadap Bahasa Arab dan Inggris semakin meningkat dari sebelumnya, dan mampu menjadi MC dan berpidato dengan 2 bahasa tersebut.

 

3. Kurikulum Madrasah Aliyah Bidayatul Hidayah

 

Dalam mencapai target visi dan misi serta tujuan, maka MA Bidayatul Hidayah mencanamgkan kurikulum sebagai berikut.

* Kurikulum Departemen Agama RI

Kurikulum Departemen Agama RI di MA Bidayatul Hidayah bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kurikulum departemen Agama RI ini meliputi:

 

NO.

BIDANG

MATA PELAJARAN

BUKU/KITAB REFRENSI

KET

1

Kebahasaan Bahasa Arab Bahasa Arab  
Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia  
Bahasa Inggris Bahasa Inggris  

2

Kenegaraan PKn PKn  
Sejarah Nasional dan dunia Sejarah Nasional dan dunia  

3

Kesosialan Sosiologi/Antropologi Sosiologi/Antropologi  
Geografi Geografi  

4

Berhitung Ekonomi Ekonomi  
Akuntansi Akuntansi  
Matematika Matematika  

5

Teknologi T I K T I K  

 

* Kurikulum Pondok Pesantren

 

Kurikulum Pondok pesantren ini bertujuan menanamkan, mempertahankan, membiasakan anak didik bersikap ke-Islaman. Kurikulum pondok pesantren  ini meliputi:

 

NO.

BIDANG

MATA PELAJARAN

BUKU/KITAB REFRENSI

KET

1

Keimanan Aqidah/Tauhid Aqidah Akhlaq  

2

Budi Pekerti Akhlaq Adabul Alim Wal Mutaallim  

3

Mu’ammalah Fiqih Kifayatul Akhyar  
Fiqih Depag  
Ushul Fiqih Tarikh Tasyri’  

4

Tafsir Al Quran Tafsir Jalaini  

5

Hadits Hadits Jawahirul Bukhori  
Ilmu Hadits Minhatul Mughits/Baiquniyah  

6

Alat Nahwu-Shorof Ibnu Aqil  
Balaghoh Balaghoh  

7

Tarikh Sejarah Islam Tarikh Khulafa’  
SKI  
Aswaja Ke-NU-an  

 

 

4. Pembagian Hari dan Jam Pembelajaran

 

* Kurikulum Departemen Agama RI dijadwalkan pada hari Sabtu, Ahad, dan Senin dengan pembagian jam pembelajaran sebagai berikut.

 

NO

MATA PELAJARAN

PEMBAGIAN JAM PEMBELAJARAN

JUMLAH

X

XI

XII

1

Bahasa Arab

2

2

2

6

2

Bahasa Indonesia

4

4

4

12

3

Bahasa Inggris

4

4

4

12

4

PKn

1

1

1

3

5

Geografi

2

2

2

6

6

Sosiologi/Antropologi

2

2

2

6

7

Ekonomi

2

2

2

6

8

 Akuntansi

2

2

2

6

9

Sejarah Nasional dan dunia

1

1

1

3

10

Matematika

4

4

4

12

11

T I K

2

2

2

6

12

AQIDAH

1

1

2

13

SKI

1

1

14

FIQIH

1

1

1

3

JUMLAH

28

28

28

84

 

* Kurikulum Pondok Pesantren dijadwalkan pada hari Selasa, Rabu, dan Kamis dengan pembagian jam pembelajaran sebagai berikut.

 

NO.

MATA PELAJARAN

PEMBAGIAN JAM PEMBELAJARAN

JUMLAH

X

XI

XII

1

Adabul Alim Wal Mutaallim

1

1

1

3

2

Kifayatul Akhyar

2

2

2

6

3

Tarikh Khulafa’

1

1

1

3

Tarikh Tasyri’

1

1

1

3

5

Tafsir Jalaini

2

2

2

6

6

Jawahirul Bukhori

2

2

2

6

7

Minhatul Mughits/Baiquniyah

1

1

1

3

8

Aswaja

1

1

1

3

9

Ibnu Aqil

2

2

2

6

10

Balaghoh

1

1

1

3

JUMLAH

14

14

14

42

 

5. Ketenagaan

 

Ketenagaan MA Bidayatul Hidayah terdiri atas tenaga Kependidikan dan Tenaga Pendidik.

 

* Tenaga Kependidikan

 

Tenaga Kependidikan bertanggung jawab terhadap managemen pengelolaan Madrasah. Personalia bidang tenaga kependidikan sebagai berikut :

 

 

No

Nama

Jabatan

Pendidikan Terakhir

 

Mengajar Bidang Study

D-3

S.1

S.2

Lain – Lain

Jurusan

1

2

4

5

6

7

8

9

10

1

Nahar Wibowo, SP

Ka. Madrasah

S1

Pertanian Bahasa Inggris

2

Moh.Fathoni, H. Lc,

 Guru

S.1

B. Arab Bahasa arab

3

KH. Imam Mahsus

Guru

MA

IPS Tafsir Ilmu Tafsir

4

Moh.Ghufron, H.

Guru

MA

IPS Ilmu Hadits + Balaghoh

5

M. Fatihul Ihsan, S.H.I

Guru

S.1

Hukum Pidana Perdata Sosiologi + PKn

6

KH. Fuad Ahmad

Guru

MA

IPS Hadits

7

M. Syaifuddin Zuhri MZ,

Guru

MA

Keagamaan Aswaja + Tarikh Tasyri’

8

Ahmad Rifa’i, S.Pd.I.

Wali Kelas XA

S1

PAI Fiqih Kitab

9

Dra. Nur Afifah

Wali Kelas XIIA

S1

Tafsir Hadits Fiqih

10

Hj. Neng Farida, S.Pd I

Wali Kelas XIA

S1

PAI Aqidah Akhlaq+ SKI

11

Ahmad Zazuli

Waka Kesiswaan

MA

  Ekonomi/Akuntansi

12

Choirul Muslim, S Pd I

Pembina Osim

 

S1

    PAI TIK

13

Ismaidah, S.Pd.

Waka Kurikulum

 

S1

    Pend. Matematika Matematika

14

M. Ibnu Falahuddin, SIP.

Wali Kelas X B

 

S.2

  Ilmu Politik Geografi

15

Moh. Masrur

Guru MP

     

MA

IPS Adabul Alim + Tarikh Khulafa

16

Dra. Suliskartiasih

Wali Kelas XIIB

 

S1

 

PKN B. Indonesia

17

Ratna Akhidah Ulfa, S.Pd

 Guru

 

 S1

 

Ekonomi Ekonomi/Akuntansi Kls XII

18

Nurul Fathan Ubaidillah,A.Ma

Ka Tata Usaha

     

MA

Keagamaan  

19

Muammar Rifa’i

Bendahara

     

MA

IPS  

 

* Tenaga Pendidik

 

Tenaga pendidik bertanggung jawab terhadap managemen pengelolaan mata pelajaran . Personalia bidang tenaga pendidik sebagai berikut :

 

NO NAMA PENDIDIKAN ALAMAT MATA PELAJARAN

1

H. MOH. FATHONI S1/BA/PTLN MOJOGENENG JATIREJO MOJOKERTO 1. BAHASA ARAB

 

2

H. IMAM MAKHSUS SLTA MOJOGENENG JATIREJO MOJOKERTO 1. TAFSIR JALALAINI

2. IBNU AQIL

3

H. MOH. GHUFRON SLTA TAMPUNGREJO PURI MOJOKERTO 1. BALAGHOH

2. MINHATUL MUGHITS

4

H. SAIFUDIN ZUHRI SLTA MOJOGENENG JATIREJO MOJOKERTO 1. ASWAJA

2. TARIKH TASYRI’

5

H. FUAD AHMAD SLTA TAMPUNGREJO PURI MOJOKERTO JAWAHIRUL BUKHORI

6

Hj. FARIDAH S1/A.IV/PAI/

FT/IAIN

MOJOGENENG JATIREJO MOJOKERTO 1. AQIDAH AKHLAQ

2.  SKI

3. SEJARAH NASIONAL

7

NUR AFIFAH S1/HPP/FS/IIQ MOJOGENENG JATIREJO MOJOKERTO FIQIH DEPAG

8

A. RIFA’I S1/A.IV/PAI/

FAI/STIT RW

MOJOGENENG JATIREJO MOJOKERTO KIFAYATUL AKHYAR
9 AMALIA HASANAH S1/A.IV/PDU/

FPIPS/IKIP

MOJOGENENG JATIREJO MOJOKERTO
  1. EKONOMI
  2. AKUNTANSI
10 M. FATIHUL IHSAN S1/HPP/FS/IAIN MOJOGENENG JATIREJO MOJOKERTO 1. PKn

2. SOSIOLOGI

11 AHMAD KHUZAINI S1/A.IV/PBSI/FKIP/STKIP

S2/PPI/UNDAR/2008

KEDUNGMALING SOOKO  MOJOKERTO BAHASA INDONESIA
12 MOH. MASRUR DIMYATHI SLTA MOJOGENENG JATIREJO MOJOKERTO 1. ADABUL ALIM WAL

MUTAALLIM

2. TARIKH KHULAFA’

13 M. IBNU FALAHUDDIN S1/A.IV/PKn/ MOJOGENENG JATIREJO MOJOKERTO
  1. GEOGRAFI
  2. TIK
14 ISMAIDAH S1/A.IV/MTK/ FKIP/ UNMUH/ JATIREJO MOJOKERTO MATEMATIKA
15 NAHAR WIBOWO S1/ JETIS SUMBERAGUNG  JATIREJO MOJOKERTO BAHASA INGGRIS

 

 

6. SISTEM EVALUASI MATA PELAJARAN

 

Evaluasi mata pelajaran dilakukan dua kali dalam satu semester. Tiga bulan berlangsung diadakan ujian mid semester dan setelah berjalan enam bulan diadakan ujian akhir semester semester.

Mid semester untuk kurikulum Departemen Agama dibuatkan naskah soal sendiri sesuai materi yang telah diajarkan dalam tiga bulan, naskah dapat berupa tulis dan dapat pula berbentuk dikte, sesuai dengan kisi-kisi guru mata pelajaran. Untuk kurikulum pesabtren sistem diserahkan penuh kepada guru mata pelajaran.

Ujian akhir semester kurikulum Departemen Agama mengikuti KKM MAN Sooko Mojokerto sesuai dengan standar kompetensinya. Kurikulum pesantren berbetuk lisan.

 

Mojokerto, 19 Juli 2012

Kepala Madrasah

NAHAR WIBOWO, SP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.